Politeknik Piksi Ganesha Indonesia
Berita Webmail E-Journal Siakad Sister Simlitabmas simbelmawa

WORKSHOP TIPS MENYUSUN ARTIKEL ILMIAH MENGELOLA MENDELEY DAN TUTORIAL SUBMIT JURNAL

by :  heri_polda |  2007-05-21

Kebumen ??? Politeknik Dharma Patria atau yang lebih dikenal dengan Kampus Ungu mengadakan Workshop pada Senin, 03 Mei 2021 pukul 09.00 s.d selesai di Aula Lantai II Gedung Politeknik Dharma Patria Kebumen dengan mengusung tema ???Tips Menyusun Artikel Ilmiah, Mengelola Referensi dengan Mendeley dan Tutorial Submit Jurnal??. Kegiatan yang dilaksanakan secara offline dan online via zoom dengan total peserta sebanyak 360 tersebut, selain untuk membekali mahasiswa semester akhir dalam menyusun karya tulis ilmiah (skripsi/jurnal) kedepan, sekaligus memperkenalkan tentang cara menyusun karya tulis/ artikel ilmiah yang baik dan benar. Selain itu diharapkan acara ini menjadi bekal untuk menulis tugas kuliah berupa makalah maupun tugas lainnya. Pembicara dari kegiatan tersebut yaitu Bapak Hamid Nasrullah, M.Pd., selaku Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Ibu Asni Tafrikhatin, M.Pd., selaku Kaprodi Teknik Elektronika dan Ibu Helmi Nurlaili, S.ST., M.K.M., selaku dosen Prodi Teknik Elektro dan Rekam Medis Kesehatan. Adapun Moderator kegiatan tersebut yaitu Ibu Desi Sugiarti, M.Pd., selaku dosen Politeknik Dharma Patria.

Acara dibuka oleh Bapak Ari Waluyo, S.ST., M.M.MOS., selaku Direktur Politeknik Dharma Patria, dilanjutkan sesi materi I dengan Narasumber Ibu Asni Tafrikhatin, M.Pd., tentang Tips Menyusun Artikel Ilmiah, sesi materi II dengan Narasumber Ibu Helmi Nurlaili, S.ST., M.K.M., tentang Mengelola Referensi Dengan Mendeley dan sesi materi III Narasumber oleh Bapak Hamid Nasrullah, M.Pd., tentang Tutorial Submit Jurnal.

Menulis artikel ilmiah berbeda dengan kegiatan menulis pada umumnya, kegiatan menulis artikel ilmiah harus menggunakan metodologi yang jelas, dimulai dari menuliskan ide/gagasan, mengembangkan konsep, dan menghasilkan karya penelitian empiris. Beberapa ???tips?? dari para Narasumber di acara tersebut menyampaikan untuk dapat melatih bagaimana menulis karya ilmiah yang baik, yaitu dimulai dari menentukan ide/topik terlebih dahulu, harus banyak membaca sumber literatur, fokus pada kajian yang akan dituliskan, konsentrasi, semangat pikiran, menentukan date line, targer (call of paper/ jurnal/ buku), joint work, memperhatikan gaya selingkung dan tempelate jurnal/buku, dan terakhir adalah submit atau kirim naskah final. Beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam penulisan karya tulis ilmiah menurut beliau adalah bagaimana mensitasi/menyunting sumber rujukan dengan baik dan benar serta memperhatikan plagiarisme. Karya tulis ilmiah yang baik adalah karya tulis yang lahir dari ide dan gagasan sendiri, bukan hasil plagiasi.. Antusisme mahasiswa terlihat ketika beberapa dari mereka mengajukan sejumlah pertanyaan dan raut wajah optimis terpancar dari para peserta workshop.

Diharapkan kegiatan ini mampu memotivasi mahasiswa untuk berani mempublikasikan karya ilmiah mereka kedalam jurnal atau dipresentasikan dalam seminar, dan ini merupakan sebuah prestasi tersenderi diluar kegiatan akademik mahasiswa.



Share :

Berita Terkini

MOU DAN DISKUSI PROGRAM P2MD DI DESA ADIKARSO

MoU dan Diskusi Program P2MD di Desa Pohkumbang

PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR KIP KULIAH 2022

SEMINAR KEBENCANAAN DUKUNGAN JAPANESE RED CROSS SOCIETY POLITEKNIK PIKSI GANESHA INDONESIA